by

Jelang Hari Pemilihan, Empat Lembaga Survei di Pilkada Tangsel Menangkan Pasangan Benyamin-Pilar

Perdananews.com, Tangsel – Pilkada Tangerang Selatan menjadi salah satu pilkada yang membetot perhatian publik. Bagaimana dinamika elektabilitas paslon Pilkada Tangsel hingga menjelang pencoblosan?
Pilkada Tangsel diikuti oleh tiga pasangan calon. Nomor urut 1 adalah pasangan Muhamad Rahayu-Saraswati, nomor urut 2 Siti Nur Azizah-Ruhamaben, dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan nomor urut 3.

Bila melihat catatan hasil survei, Benyamin-Pilar mendominasi dengan dinyatakan unggul di lebih banyak survei. Namun Muhamad-Saras unggul di survei terakhir Indikator Politik Indonesia. Sementara itu, Azizah-Ruhamaben konsisten di nomor buncit.

Berikut beberapa hasil survei yang telah dirilis:

SMRC, Agustus 2020

  1. Muhamad-Saras: 20,8%
  2. Azizah-Ruhamaben:10,5%
  3. Benyamin-Pilar: 39,3%

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Kota Tangerang Selatan yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dalam survei ini, jumlah sampel sebanyak 410 orang. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Konsepindo Research And Consulting,
September 2020.

  1. Muhamad-Saras: 19,44%
  2. Azizah-Ruhamaben:10,9%
  3. Benyamin-Pilar: 40,96%

Populasi survei ini adalah seluruh warga di Kota Tangerang Selatan yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Seluruh unit populasi di Tangerang Selatan ini mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 600 responden. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Diperkirakan margin of error sebesar ± 4,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Indikator Politik Indonesia,
Oktober 2020

  1. Muhamad: 26,7%
  2. Azizah: 13,1%
  3. Benyamin: 33,9%

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 820 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 820 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Romeo Strategic Research & Consulting, November 2020

  1. Muhamad-Saras: 20,9%
  2. Azizah-Ruhamaben: 17%
  3. Benyamin-Pilar: 28,7%

Populasi seluruh DPT yang berdomisili di Kota Tangerang Selatan. Jumlah DPT Tangsel 948.571. Responden terdistribusi secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling, terpilih 400 responden dengan margin of error 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Lokasi terpilih 40 Kelurahan di 7 Kecamatan Kota Tangerang Selatan. Setiap kelurahan terpilih 10 responden secara acak. Dari masing-masing RT akan dipilih secara acak kepala keluarga berbasis TPS yang ada. Di KK terpilih akan dipilih secara random satu orang yang memiliki hak pilih, dengan komposisi perbandingan gender (L/P) yang seimbang.

Dari rangkaian hasil survei tersebut, terlihat Benyamin-Pilar mendominasi hasil survei. Namun di survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis terakhir menunjukkan Muhamad-Saras menyalip Benyamin-Pilar. Namun hasil survei terakhir itu dianggap anomali oleh sejumlah pihak.

“Secara teori, kenaikan elektabilitas dalam masa kampanye sangat sulit dilakukan,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Jumat (20/11).

Sementara itu, analis politik dari Universitas Pamulang, Lukman Hakim, menilai sisa waktu yang tinggal 2 pekan lagi, dia meyakini tak akan ada pergeseran elektabilitas yang signifikan pada hari pencoblosan. Dia meyakini pemilih sudah menetapkan pilihannya.

“Pada kontestasi di mana lawan tandingnya merupakan kiriman dari Jakarta, posisi Benyamin yang bukan tokoh nasional sebenarnya lumayan kuat,” kata Lukman, Rabu (24/11/2020).

Sementara itu, anggota Tim Komunikasi Benyamin-Pilar, Reza Ahmad, menilai dukungan untuk Benyamin-Pilar yang tergambar di survei jadi indikasi keberhasilan yang diraih Tangsel di bawah kepemimpinan Airin Rachmi Diany dalam kurun 10 tahun terakhir.

Di sisi lain, Reza juga menyatakan jika setiap hasil survei, termasuk yang dilakukan lembaga survei yang secara khusus diminta untuk survei demi kepentingan internal tim, akan menjadi pijakan untuk memantapkan strategi pemenangan. “Tentu kita bersyukur dengan temuan banyak hasil survei yang menempatkan Benyamin-Pilar di posisi teratas. Ini artinya ikhtiar kami untuk menjadikan Tangsel unggul, lestari, dan saling terkoneksi mendapat restu dan dukungan warga kota,” tutur Reza.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5270386/benyamin-pilar-dominan-di-survei-pilkada-tangsel-kejaran-muhamad-sara-diragukan

Comment

Kategori Terkait