by

Pemuda Muhammadiyah Berdayakan Masyarakat Melalui Budidaya Kreatif Tanaman Hidroponik

Tangsel.perdananews.com – Pemuda Muhammadiyah Pondok Cabe Udik dan KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta ( UMJ) sukses menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat bertajuk budidaya kreatif tanaman hidroponik yang berlokasi di Kelurahan Pondok Cabe Udik Kec. Pamulang.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya inovasi dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang teknologi pertanian modern dan penyediaan pangan sehat di tengah pandemi Covid-19. Materi yang diberikan diantaranya pengetahuan dasar tentang budidaya hidroponik dan disusul dengan praktik menanam sayur dengan metode hidroponik pada Minggu 19 Juli 2020.

Silvi Agtalya Nurpa sebagai ketua tim kelompok 47 KKN UMJ menyampaikan bahwasannya ada beberapa tujuan dari kegiatan ini, antara lain :

  1. Mengedukasi masyarakat terutama Ibu Rumah Tangga untuk sadar akan pentingnya memiliki skill atau keahlian selain pekerjaan rumah tangga.
  2. Mengajak masyarakat merasakan pentingnya memilih sayur yang bebas dan aman dari bahan kimia yang berbahaya, meningkatkan kualitas dan daya saing masyarakat melalui pengembangan diri, pembentukan potensi diri dan keahlian diri dengan budidaya tanaman sayuran hidroponik.
  3. Mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sebaik mungkin lahan rumah yang masih kosong,
  4. Menjadi sumbangan ide bermanfaat bagi para Ibu Rumah Tangga yang ingin memiliki keahlian dan penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Pondok Cabe Udik, Irfan Nur Afyadi menambahkan, bahwa kegiatan edukasi dan pelatihan seperti ini memang harus dilakukan oleh rekan-rekan pemuda yang memiliki kompetensi pada bidang tertentu sebagai bentuk pengejawantahan peran pemuda sebagai agent of development , contohnya pada kegiatan hari ini kami Ranting Pemuda Muhammadiyah berkolaborasi dengan rekan-rekan mahasiswa dari UMJ mengenai budidaya hidroponik, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Masyarakat jadi mengerti dan paham bagaimana cara pembuatannya bahkan sampai cara pemasaran hasil dari hidroponik tersebut, itu kan baik untuk pengembangan diri serta dapat mengangkat perekonomian masyarakat kedepannya.

Comment

Kategori Terkait