by

Pilkada Tangsel, TPS di Tambah 384 Titik dan Kampanye Hanya Boleh Online

Tangsel.perdananews.com – Pilkada Tangsel tahun 2020 kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan berencana akan menambah titik lokasi pencoblosan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Rencana itu dikarenakan pemilihan diadakan pada masa pandemi Covid-19.

“Nah ini di perkiraan jadi 2882 TPS, dari TPS sebelumnya 2498, ada penambahan sebanyak 384,” Kata Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro pada Selasa 9 Juni 2020.

Bambang menjelaskan rencana tersebut saat ini masih dalam tahap sosialisasi, dan akan di teruskan ke KPU Provinsi maupun Pusat.

“Semangatnya KPU itu memberi catatan dalam pelaksanaan, pilkada itu kan memiliki prinsip menjaga keselamatan dan kesehatan, baik itu penyelenggara maupun peserta dan pemilih,” terang Bambang.

Lanjut Bambang nantinya ada pemecahan pemilih suara, misal pemilih A yang tadinya berada di RT 002, akan dipindah ke TPS lain dan tak bisa memilih di RT 002.

Sementara untuk anggaran, Bambang menerangkan, akan ada pergeseran-pergeseran kepada hal yang tidak perlu seperti konsumsi, perjalanan dinas dan sosialisasi.

Selain itu Komisi Pemilihan Umum melalui rancangan PKPU akan menghapus penyelenggaraan kampanye terbuka yang melibatkan orang banyak.

Larangan mengerahkan orang banyak dilakukan karena dianggap berpotensi melanggar protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dalam uji publik itu memang dipaparkan misalnya, bentuk-bentuk kampanye atau rapat umum yang melibatkan banyak orang itu tidak boleh,” Jelas Bambang lagi

Menurutnya, pertemuan terbuka akan dibatasi hanya 20 orang dengan protokol Covid-19.

Seperti kampanye akbar, pentas seni, jalan santai, lari pagi atau maraton, itu sudah tidak boleh.

Sebagai gantinya, terang Bambang kampanye diatur dilakukan secara daring atau online.

Forum pertemuan digelar secara virtual melalui video conference.

Para calon wali kota dan calon wakil wali kota bisa lebih memanfaatkan media sosialnya untuk mengenalkan diri.

“Iya boleh kalau online, lewat zoom gitu,” ujarnya.

Bambang menegaskan, draft PKPU Pilkada serentak itu memiliki semangat agar tetap selamat dari Covid-19.

Comment

Kategori Terkait