by

11 penghuni panti asuhan di Kelurahan Pondok Jagung Serpong Utara Kota Tangerang Selatan, dirujuk ke Rumah Lawan Covid-19

Tangsel.perdananews.com – 11 penghuni panti asuhan di Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, dirujuk ke Rumah Lawan Covid-19 di Kawasan Pertanian Terpadu, Ciater, Tangerang Selatan. Mereka berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) usai bertemu dengan pasien positif covid-19.

Kordinator Rumah Lawan Covid-19 Tangerang Selatan, Suhara Manullang mengatakan rumah yang dikhususkan untuk mengisolasi ODP dan PDP itu telah menampung 14 ODP.

“Sampai hari ini, jumlah ODP yang melakulan isolasi mandiri sebanyak 14 orang,” jelas Koordinator Rumah Lawan Covid-19, Suhara Manulang, Sabtu (25/4).Dia menyebut 11 orang yang dirujuk dari Puskesmas Pondok Jagung itu merupakan penghuni panti asuhan di Serpong Utara. 11 orang tersebut diantaranya 10 adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan satu lainnya adalah pengasuh panti asuhan.

“Mereka ini berasal dari panti asuhan. Sebetulnya 41 orang yang terdiri dari 36 anak-anak dan pengasuhnya ada 5 orang. Cuma yang dirujuk di sini yang sudah bisa mandiri, sedangkan balita dan anak SD tidak,” jelas Suhara.

Sementara, anak sekolah dasar penghuni panti dan 4 pengasuh lainnya menjalani karantina mandiri di panti.

Suhara melanjutkan, mereka ditetapkan sebagai ODP karena sempat ada kontak dengan salah satu warga positif covid-19. Pasien itu sekarang dirawat di Rumah Sakit Pertamina.

“Mereka pernah melakukan kontak maka setatusnya ODP dan dilakukan rapid test, kalau mereka positif, nanti statusnya jadi PDP,” ujar Suhara.

Suhara menambahkan, sebelas orang yang ditetapkan ODP ini merupakan hasil penyisiran dari data sebelumnya. Diambil berdasarkan risiko orang yang bisa dirawat mandiri dan tidak.

“Ini lah yang sedang kami sisir satu- persatu dengan bekerjasama dengan puskesmas, kita selalu kontak mereka, bagaimana yang ini bisa mandiri atau enggak? Kalau enggak bisa mandiri kita ke sana menjemput dan menjelaskan. Karena banyak yang takut juga bahasa isolasi padahal di sini sudah nyaman, sudah disiapkan semua,” tambahnya.

Berdasarkan data Jumat (24/4) kemarin jumlah ODP tercatat sebanyak 943 orang, PDP tercatat sebanyak 369 orang dan yang positif tercatat sebanyak 86 orang. (mdk/ray)

Comment

Kategori Terkait