by

Harap Harap Cemas, Pemerintah Pilih Acak Peserta Program Pra Kerja

Tangsel.perdananews.com

Pendaftaran program prakerja telah dibuka resmi oleh pemerintah. Semenjak pendaftaran dibuka pada Sabtu (11/4) malam, jumlah registrasi kartu prakerja telah mencapai 2 juta orang hingga per hari ini.
Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky mengatakan kriteria yang bisa menjadi peserta program adalah mereka yang WNI, berusia di atas 18 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal dan harus mengikuti tes motivasi serta kemampuan dasar.

“Pemilihan oleh sistem secara random/acak. Untuk pekerja yang terdampak PHK atau kehilangan pekerjaan, syarat dan ketentuan pendataan dari Kemnaker. NIK yang sudah diusulkan oleh Kemnaker akan didahulukan,” jelas Panji yang dikutip dari situs CNBC Indonesia, Senin (13/4).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang dikutip dari keterangan pers mengatakan, ada sebanyak 73, 85% yang melakukan verifikasi email, 43,65% yang melalui verifikasi NIK serta ada 5,43% yang telah mengambil program pelatihan atau join batch.

“Pendaftaran akan terus terbuk dan tidak dibatasi. Peserta bisa bergabung ke gelombang selanjutnya jika belum berhasil masuk,” tuturnya. (E4)

Comment

Kategori Terkait